JellyPages.com
Silahkan membaca, silahkan menilai. Enjoy it !

Senin, 10 Oktober 2011

Tugas 1


Pertanyaan:
1.  Jelaskan pengertian Manajemen dan Organisasi !
2. Tuliskan fungsi-fungsi manajemen menurut
     a. Henry
     b. George Terry
     c. Ernest
     d. James Stoner
3.
Gambarkan bentuk bagian struktur organisasi :
     a. Vertical
     b. Horizontal
     c. Pyramid
     d. Melingkar
Jawab 
1. Pengertian manajemen dan organisasi 
Dalam encyclopedia of the social sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Menurut G.R. Terry manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional tau maksud-maksud yang nyata. Manajemen juga adalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni adalah suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau dalam kata lain seni adalah suatu yang diperoleh dari pengalaman, pengamatan dan pelajaran serta kemampuan menggunakan pengetahuan manajemen.
Menurut Marry Parker Follet manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. Definisi dari marry ini mengandung perhatian pada kenyataan bawa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur orang lain bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri.
Menurut James A.F.Stoner manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya angota organisasi menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

    Dari gambar di samping menunjukkan bahwa manajemen adalah suatu keadaan yang terdiri dari proses yang ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian yang mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
      
    Organisasi berasal dari kata organon (bhs Yunani) yang berarti alat adalah suatu kelompok orang yang memiliki tujuan sama baik dalam penggunaan sehari-hari maupun ilmiah, istilah ini digunakan dengan banyak cara. 
    Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S.Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia). 
    Organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program keiatan yang jelas, dan proseduur pergantian anggota.(Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani, Sosiologi SMU kelas I).
    Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
    Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuksetiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. 
    Menurut ChesterI.Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.


     2. Fungsi-fungsi manajemen 
    Berikut ini adalah fungsi-fungsi manajemen menurut beberapa ahli:
    a. Menurut Henry Fayol
     - merancang
     -mengorganisir
     -memerintah
     -mengordinasi
     -mengendalikan


    b. Menurut George Terry
     -Planning (Perencanaan)
     -Organizing (Pengorganisasian)
     -Actuating (Penggerakan)
     Controlling (Pengawasan)


    c. Menurut Ernest
     -Planning
     -Organizing
    - Staffing
     -Directing
     -Inovating
     -Representing
     -Controlling


    d. Menurut James Stoner
     -Planning
     -Organising
     -Leading
     -Controlling


    3.  Bagan struktur organisasi
    Bagan struktur organisasi adalah suatu susunan skematis yang menunjukkan fungsi-fungsi, department-department, atau posisi dalam organisasi di mana mereka saling berhubungan.
    Berikut ini adalah contoh bagan struktur organisasi:

    a. Pyramid
     

    b. Horizontal
     

    c. Melingkar
     

    d.Vertikal








    Nama  : Yuniar Elfrida
    Kelas   : 2KA31









    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar