JellyPages.com
Silahkan membaca, silahkan menilai. Enjoy it !

Minggu, 28 Oktober 2012

Penggunaan Bahasa Indonesia Saat Ini

Bila kita berbicara tentang bahasa dan kita, pertama kita harus mengetahui apa arti dari bahasa itu sendiri dan pengaruh bahasa bagi kita. Dalam arti yang sangat singkat, bahasa adalah alat atau sarana untuk berkomunikasi. Bahasa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem lambang bunyi arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri. Dimana pelaku/pengguna bahasa adalah kita sendiri dan sangat berpengaruh dalam kehidupan kita.
Beralih ke penggunaan bahasa di setiap bangsa atau negara, bahasa mengambil peran yang sangat penting dan merupakan identitas suatu bangsa. Seperti di negara kita, Indonesia mempunyai banyak bahasa, yang semakin memperjelas identitas negara kita dengan negara lain, tetapi bahasa yang dapat menyatukan masyarakat Indonesia sendiri dan telah di akui sebagai bahasa nasional pada saat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 adalah bahasa Indonesia.
Sebagai bahasa nasional dan juga sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia wajib digunakan dalam segala kegiatan resmi kenegaraan. Demikian pula di semua jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa pengantar. Hal itu dimaksudkan agar bahasa Indonesia dapat berkembang secara wajar di tengah masyarakat pemakainya. Selain itu, upaya tersebut diharapkan pula dapat menjadi perekat persatuan suku yang ribuan jumlahnya ini menjadi satu bangsa yang besar yakni, bangsa Indonesia.
Kecenderungan mengunggulkan identitas asing akhir-akhir ini telah menjadi-jadi, tidak terkecuali bahasa. Hampir setiap gedung-gedung megah di Indonesia, terpampang tulisan-tulisan asing sebagai lambang kemodernan, sedangkan pemakai bahasa Indonesia dianggap kampungan atau tidak keren dan telah ketinggalan zaman. Sikap yang demikian ini tentu akan melunturkan citra dan identitas bangsa.
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di zaman sekarang sungguh memprihatinkan. Kemajuan teknologi yang semakin berkembang, memaksa para kaum muda di zaman sekarang kurang memperdulikan penggunaan bahasa Indonesia yang tepat. Anak muda sekarang lebih cenderung menggunakan bahasa atau ungkapan yang sedang ngetrend di seluruh dunia. Pengaruh sosial media dapat memenuhi aspek fungsi definisi bahasa Indonesia yang tepat.
Sehingga ini membuat kedudukan bahasa Indonesia semakin terjepit. Kita sering mendengar orang berdalih bahwa berbahasa itu yang terpenting lawan berbicara dapat memahami informasi yang kita sampaikan, dan tidak harus menggunakan bahasa yang baik dan benar sebagaimana yang diatur dalam bahasa Indonesia. Pretensi itu berkembang menjadi sebuah aksioma di tengah masyarakat. Dampaknya, bahasa Indonesia menjadi terabaikan.
Sepanjang sejarah bahasa Indonesia selalu mengalami perkembangan. Dalam perkembangannya bahasa Indonesia tidak menampik kenyataan terhadap masuknya bahasa lain. Justru bahasa-bahasa yang masuk itu dapat memperkaya bahasa Indonesia terutama dari segi perbendaharaan kata. Sungguhpun bahasa Indonesia diperkaya oleh bahasa lain, tetapi tidak sampai pada struktur bahasa secara keseluruhan. Karena itu, bahasa Indonesia tetap dapat menunjukkan jati dirinya.
Kenyataan memang tidak dapat dipungkiri. Kendati telah ditetapkan aturan baku tentang penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (formal), tetapi aturan tersebut masih diingkari oleh sebagian masyarakat kita. Bahkan, gejala merendahkan bahasa sendiri semakin nyata. Hal ini dapat kita lihat dari perilaku berbahasa masyarakat kita dewasa ini.
Sikap bangsa Indonesia terhadap bahasa Indonesia cenderung ambivalen, sehingga terjadi dilematis. Artinya, di satu pihak kita menginginkan bahasa Indonesia menjadi bahasa modern, dan dapat mengikuti perkembangan zaman serta mampu merekam ilmu pengetahuan dan teknologi global, tetapi di pihak lain kita telah melunturkan identitas dan citra diri itu dengan lebih banyak mengapresiasi bahasa asing sebagai lambang kemodernan. Atas dasar itu, tidak heran jika para remaja masa kini lebih cenderung menggunakan bahasa asing atau bahasa gaul sebagai bagian dari hidupnya jika mereka tidak ingin disebut ketinggalan zaman.
Interaksi global dalam berbagai bidang dewasa ini tidak bisa dihindari. Akibatnya proses transaksi nilai-nilai global dengan sendirinya juga akan terjadi. Pentingnya kesadaran dari diri kita sendiri terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sepanjang kita berada di wilayah negara Indonesia, merupakan suatu keniscayaan untuk tetap mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah. Hal ini juga mempertegas kecintaan kita terhadap bahasa kita sendiri agar identitas bangsa kita lebih dihargai dalam skala internasional. Sehingga tidak menutup kemungkinan, bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa Internasional di masa mendatang. Bahasa dan kita lah penentunya.
Kesimpulan :
 Pada zaman modern seperti sekarang, banyak yang telah menyepelekan bahasa Indonesia. Seperti yang kita tahu, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang wajib kita pelajari dan kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Tapi nyatanya, sangat jarang generasi muda zaman sekarang yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Sebagai contoh, saat ini banyak generasi muda yang menggunakan bahasa – bahasa asing dalam berkomunikasi. Semua pasti beranggapan kalau bahasa asing merupakan cerminan daripada globalisasi, dimana semua unsur – unsur asing masuk ke dalam Indinesia. Selain itu kaum muda Indonesia saat ini lebih memilih menggunakan bahasa gaul sebagai alatkomunikasi mereka dalam pergaulan.Terlepas dari itu, seharusnya kita harus tetap menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari – hari. Kita bisa lihat dari salah satu kutipan naskah sumpah pemuda yang berisi “Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.” Maka dari itu, sebaiknya kita menggunakan bahasa Indonesia dengan benar, selain sebagai bahasa Nasional, bahasa Indonesia juga dapat digunakan sebagai alat pemersatu dari perbedaan – perbedaan suku bangsa yang ada di Indonesia.


Nama     :  Yuniar Elfrida
NPM      :  18110777
Kelas      :  3KA31

Jumat, 26 Oktober 2012

Membuat Garis dengan OpenGL



Sekilas tentang OpenGL
OpenGL adalah sebuah program aplikasi interface yang digunakan untuk mendefinisikan komputer grafis 2D dan 3D. Program lintas-platform API ini umumnya dianggap ketetapan standar dalam industri komputer dalam interaksi dengan komputer grafis 2D dan juga telah menjadi alat yang biasa untuk digunakan dengan grafis 3D. Singkatnya, Open Graphics Library, OpenGL menghilangkan kebutuhan untuk pemrogram untuk menulis ulang bagian grafis dari sistem operasi setiap kali sebuah bisnis akan diupgrade ke versi baru dari sistem.

Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Dengan demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras grafis yang berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya. Setiap perintah dalam dirancang untuk melakukan tindakan tertentu, atau memulai efek khusus tertentu yang terkait dengan grafis.

Pada mata kuliah Grafis Komputer dan pengolahan citra, saya mendapat tugas untuk membuat macam-macam garis dengan OpenGL. Berikut adalah penjelasannya :

1. Garis Vertikal
Setelah membuka project baru, kita cari di bagian lembar kerja kalimat "OpenGL animation", lalu kita dapat mengetikkan kode untuk membuat garis vertikal. 
Kode untuk membuat garis vertikal yaitu :

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();             
glClearColor(1,1,1,0);    
glColor3f(1,1,1); //        
glBegin(GL_LINES);              
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);               

glEnd ();          

glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}

Setelah kita mengcopas kode-kode tersebut, maka kita dapat mencompilenya dan setelah proses compile sukses, kita dapat langsung merunning. Hasilnya outputnya adalah sebagai berikut.



2. Garis Horizontal
Untuk membuat garis horizontal, kodingannya yaitu :


glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}

Setelah semua kode diketikkan pada lembar kerja, maka kita dapat segera mencompilenya dan jika proses compile telah sukses, kita dapat merunningnya. Berikut adalah outputnya :




3. Garis Diagonal

Garis yang terakhir yang akan kita buat adalah garis diagonal. Berikut adalah kodingan untuk membuat garis diagonal.

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}

Setelah kita selesai mengetikkan seluruh kodingan di lembar kerja, maka kita dapt langsung mengcompilenya dan jika proses compile telah selesai maka kita dapat langsung merunningnya. Berikut adalah outputnya :


Penjelasan.
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
Menandakan warna apa yang digunakan sebagai background. Warna dinyatakan dalam bentuk RGBA. Jadi angka pertama mewakili warna merah, kedua hijau, ketiga biru, dan keempat adalah Alpha atau tingkat transparansi. Tiap warna berkisar antara 0 hingga 1.

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
Fungsi ini akan menghapus window dan memberi warna yang telah kita definisikan sebelumnya dengan menggunakan glClearColor.

glPushMatrix() dan glPopMatrix()
glPushMatrix berfungsi untuk menyimpan koordinat yang ada. Sedangkan glPopMatrix adalah suatu fungsi guna memangil suatu fungsi yang telah disimpan pada glPushMatrix.
Dengan glPushMatrix() dan glPopMatrix(), kita tidak perlu mengembalikan posisi titik tengah sumbu koordinat. Apapun perubahan yang dilakukan setelah glPushMatrix() akan dikembalikan ke nilai awal setelah glPopMatrix. Untuk penggambaran objek dasar berikutnya, semua akan menggunakan cara ini. Untuk menggambar banyak titik, memasukkan posisinya satu demi satu tidaklah efisien. Maka diperlukan looping untuk mengambar banyak titik. Caranya adalah dengan menyimpan data ke variabel, lalu variabel tersebut digunakan dalam looping untuk dimasukkan ke dalam glVertex3f(…). Penggambaran titik keempat menggunakan looping untuk menggambar beberapa titik.

glColor3f(1,1,1);
adalah tiga warna utama yaitu Red, Green, da Blue dimana 1 berarti yes dan 0 berarti no. Gabungan tiga warna red, green, dan blue adalah putih maka garis yg dihasilkan adalah putih. 


glBegin(GL_LINES);

Unttuk mulai menggambar dalam bentuk garis. Setiap pasangan verteks sebagai segmen garis independen. Setiap dua verteks akan digambar sebuah garis.

glVertex3f(  ,  ,  );
untuk menentukan poisi sebuah garis yaitu x, y, dan z.


 glEnd();
untuk mengakhiri penggambaran sebuah garis. 

SwapBuffers (hDC);
digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar (screen
buffer) 




Nama : Yuniar elfrida
Npm   : 18110777
Kelas  : 3KA31